Subscribe:

Ads 468x60px

Loading

Kamis, 17 Maret 2011

7 Kurcaci

gemarmusik.blogspot.com by Kang Iwan





Band asal Kota Kembang Bandung, 7 Kurcaci, Kelompok musik yang digawangi personil tetap, E-Munk (vokal), Vikky (drum), Kuple (bas), dan Riad (gitar), serta 3 orang additional player, Edi (gitar), Rheina (vokal), dan Ebieth Beat A (gitar)7 Kurcaci terbentuk pada 11 Oktober 1998. "Semula kita ini membentuk band kampus. Ketika akan ikut dalam sebuah acara di kampus NHI (Bandung) dan saat akan diaudisi, kita sedikit bingung karena band ini belum punya nama. Maka sejak itu dinamakanlah band ini 7 Kurcaci, ya, karena personilnya ada 7 orang," ujar E-Munk.Tak berapa lama, 7 Kurcaci pun merilis album pertamanya bertajuk 7 Kurcaci(2000) dengan hits single Malam Minggu. Karena kurang promosi album band ini pun sempat mandeg dalam penjualannya.setelah sekian lama menghilang di blantika musik indonesia kembali Band yang beraliran Hip Rock ini kembali ke dengan Album baru yang rencananya akan kelar sekitar awal april mendatang dan inilah single yang akan di jagokan di album terbarunya 7 kurcaci.

Biarpun hip-metal baru jadi trend sekarang-sekarang, tapi 7 Kurcaci, band hip-metal asal Bandung ini mengaku sudah memainkan jenis musik ini sejak dua tahun lalu.

“Kita udah mainin musik-musik kayak gini sejak lama dari jamannya rap core. Jadi sama sekali nggak ngekor,” tegas Kuple, sang basis berambut gimbal.

Dulu, kenang Devit, sekitar tahun 1998 mereka selalu dianggap beda karena sudah memainkan jenis musik rap-core. Padahal saat itu jamannya ska dan R&B. Meskipun harus kena tuduhan ngekor trend, toh ada untungnya juga buat 7 Kurcaci. Paling nggak setelah hip-metal mulai disukai grup yang didirikan 11 Oktober 1998 ini termasuk menjadi yang terdepan di Indonesia. Lewat debutnya yang bertitel sama dengan namanya, 7 Kurcaci berhasil menarik perhatian publik musik rock di tanah air. Ini bisa dilihat dari hit singelnya Malam Minggu yang sering diputer radio-radio terkemuka di tanah air.

Untuk itu Resy (vokal), Devit (gitar), Ryad (gitar), E-Munk (vokal), Kuple (bas), Dj Cruz (DJ) dan Vicky (drum) boleh berbangga. Soalnya mereka nggak kayak grup-grup lain yang sibuk nawarin demo-tape

kemana-mana, 7 Kurcaci malah ditawari rekaman oleh pihak Musica Studio setelah melihat penampilan mereka. Biarpun mengaku terpengaruh dengan musik Limpbizkit, 7 Kurcaci menolak bila disebut mengekor. “Jenis musik kita cocok dengan Limpbizkit, tapi kita nggak mencontoh. Kalau terpengaruh iya,” kata Devit lagi. Lagian, tambah Kuple, grupnya saat ini sudah memiliki konsep dan visi musik yang jelas. Artinya nggak akan gampang terpengaruh warna musik kelompok lain. Dan yang lebih penting, “Kami akan tetap konsisten memainkan musik seperti ini. Karena pada dasarnya musik kami mainkan ini rock. Dan rock itu nggak pernah mati, paling-paling ada pergeseran sound sesuai dengan perkembangan tehnologi itu sendiri,” sambung Devit. Jadi menurut penuturan Devit, 7 Kurcaci nggak perlu takut dengan perubahan trend. “Kami akan tetap memainkan hip-metal sampai kapanpun,” ucap gitaris berkaca mata minus ini mantap.


0 komentar:

Posting Komentar