Subscribe:

Ads 468x60px

Loading

Selasa, 05 April 2011

Ne - Yo




Shaffer Chimere Smith (lahir 18 Oktober 1979), lebih dikenal dengan nama panggung Ne-Yo, adalah penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat Selain itu, ia juga merupakan pencipta lagu, produser rekaman dan juga aktor.

Ne-Yo lahir di Arkansas dengan nama baptis Shaffer Chimere Smith. Ayahnya adalah warga Amerika keturunan Afrika dan sang ibu adalah warga Amerika Afrika keturunan China, keduanya musisi. Saat kecil, ia dibesarkan oleh ibunya sendiri setelah ia terpisah dari ayahnya.

Awal karier Ne=Yo bermula sebagai salah satu personil dari grup vokal kuartet Envy, namun perjalanan karier grup tersebut tidak bertahan lama, sebab hanya bertahan hingga tahun 2000 saja. Dan Ne-Yo pun dikontrak oleh perusahaan Colombia Recording.

Hingga kni, Ne-yo telah memiliki 3 buah album studio, yaitu In My Own Words (dirilis pada tahun 2006), Because of You (rilis tahun 2007), dan album Year of the Gentleman (rilis pada tahun 2008).

Karier Ne-Yo tidak hanya menjadi penyanyi, ia juga menciptakan lagu untuk dirinya sendiri dan penyanyi lain, seperti Rihanna (lagu Unfaithful dan lagu Take a Bow), Mario Vazquez (lagu Gallery), Paula DeAnda (lagu Walk Away (Remember Me)), dan Beyoncé Knowles {lagu Irreplaceable)

Ne-Yo juga menciptakan lagu untuk Whitney Houston, Celine Dion, Corbin Bleu, dan Enrique Iglesias. Dan yang akan datang, ia akan menciptakan lagu bersama will.i.am untuk album Michael Jackson.

0 komentar:

Posting Komentar